Seluruh Informasi, keterangan dan dokumen formulir pendaftaran COO yang disampaikan melalui website https://edocs.kadin.id/ Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia ) untuk selanjutnya disebut “Dokumen Elektronik” yaitu informasi dan/atau keterangan yang merupakan alat bukti hukum yang sah, karenanya Dokumen Elektronik tersebut bersifat mengikat. Mengacu pada Pasal 5 UU ITE No. 11 Tahun 2008 mengenai Informasi, Dokumen, dan Tanda Tangan Elektronik.
Sehubungan dengan Dokumen Elektronik merupakan data yang diberikan oleh pengguna dan dengan ini pengguna memberikan jaminan atas kekinian, keakuratan, dan kelengkapan, atau keandalan informasi yang diberikan.
Oleh karenanya, segala hal yang berkaitan dengan diterimanya dan/atau dipergunakannya Dokumen Elektronik tersebut sebagai data yang diberikan oleh pengguna merupakan tanggung jawab pribadi atas segala risiko yang mungkin timbul.
Sehubungan dengan risiko dan tanggung jawab pribadi atas Dokumen Elektronik, pengguna dengan ini menyetujui untuk melepaskan segala tanggung jawab dan risiko hukum KADIN Indonesia atas diterimanya dan/atau dipergunakannya Dokumen Elektronik.
Selamat datang di TRADE, layanan aplikasi pengurusan dokumen berbasis
elektronik (“Aplikasi”) yang dikelola oleh KADIN INDONESIA (“Kami” atau
“TRADE”). Mohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan cermat, seksama
dan secara menyeluruh sebelum menggunakan layanan aplikasi Kami.
Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini merupakan ketentuan
penggunaan Aplikasi. Dengan mengakses, mengunduh, dan/atau menggunakan
Aplikasi, maka Anda dianggap telah memahami dan setuju untuk tunduk terhadap
Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai
perjanjian antara Anda dengan Kami. Mohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan
ini dengan seksama dan secara menyeluruh. Jika Anda tidak setuju dengan salah
satu, sebagian, atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini, Anda berhak untuk tidak
mengakses dan/atau tidak menggunakan Aplikasi.
Kami berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan
semua atau bagian apapun dari Aplikasi ini setiap saat atau sebagaimana
dipersyaratkan oleh peraturan yang berlaku.
· Seluruh instruksi pemakaian aplikasi anda akan
berasal dari aplikasi mobile atau online
· Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi atas
instruksi Anda dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya
PIN, nama Pengguna, kata sandi, token OTP) apabila dibutuhkan. Anda bertanggung
jawab sepenuhnya atas Penggunaan dan kerahasiaan atas segala jenis informasi
keamanan yang digunakan untuk bertransaksi. Pastikan Anda tidak memberitahu
informasi keamanan Anda kepada orang lain, termasuk staf TRADE.
· Setelah melakukan otorisasi, kami akan menjalankan
instruksi Anda.
· Anda memahami dan menyetujui metode pengiriman
informasi secara elektronik yang digunakan untuk mengirimkan Data Pengguna dan
segala risikonya. Anda menyatakan menyetujui untuk membebaskan TRADE dari
segala kerugian yang timbul.
· Sesuai dengan persyaratan dari TRADE, Anda diminta
untuk memberikan data pribadi dan data perusahaan saat melakukan pendaftaran
pertama kali di Aplikasi TRADE.
· Pastikan data, informasi, dan/atau keterangan yang
Anda berikan kepada Kami adalah data, informasi, dan/atau keterangan yang benar
dan akurat, dan wajib menginformasikan kembali kepada TRADE jika terdapat
perubahan pada data, informasi, dan/atau keterangan Anda. Anda dapat
menghubungi Kami di [email protected];
[email protected].
· Kami memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi
diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Data, informasi, dan/atau
keterangan Anda akan kami gunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
· Anda wajib memberitahukan dan menyampaikan
perubahan Data kepada TRADE. Perubahan tersebut hanya berlaku jika telah
diterima dan/atau disetujui oleh TRADE. Dalam hal TRADE tidak menerima
informasi apapun mengenai perubahan Data, maka TRADE akan menggunakan Data
Pengguna yang tercatat pada sistem TRADE.
· Anda wajib menanggung segala akibat dan/atau
kerugian yang mungkin timbul dari kelalaian Anda dalam memberikan dan
memperbaharui data pada TRADE selama penggunaan Aplikasi.
· Kami akan selalu transparan mengenai produk/layanan
kami, termasuk ketika terdapat perubahan dalam Syarat dan Ketentuan sesuai
dengan ketentuan yang berlaku.
· Agar kami dan Anda saling memahami, kami meminta
Anda untuk membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan lain di
situs kami, edocs.kadin.id sesuai layanan
spesifik yang akan Anda peroleh sehingga dengan mengakses dan/atau menggunakan
Aplikasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan
Ketentuan ini pada saat Anda mendaftar pada aplikasi kami. Anda juga memahami
dan menyetujui sepenuhnya atas seluruh Syarat dan Ketentuan ini.
· Dengan mengakses dan/atau menggunakan aplikasi
Kami, maka Anda dianggap telah membaca, memahami dan merupakan bentuk
persetujuan untuk tunduk terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak
setuju dengan salah satu, sebagian, atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini, Anda
berhak untuk tidak mengakses dan/atau tidak menggunakan Aplikasi.
· Kami berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan
atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Aplikasi ini setiap saat atau
sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan yang berlaku.
· Kami dapat meluncurkan fitur tertentu dalam versi
beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir,
dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Kami juga dapat membatasi
fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh Aplikasi atas
kebijakan Kami sendiri dan tanpa adanya kewajiban untuk memberitahukan kepada
Anda.
· Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai TRADE,
Layanan Pengguna siap membantu Anda.
1. “KADIN Indonesia” atau “TRADE” atau “Kami” adalah
suatu perseroan yang bergerak dalam bidang sistem layanan uang elektronik yang
mempunyai brand bernama TRADE, berkedudukan di Jakarta Pusat.
2. “Aplikasi TRADE” adalah
produk/layanan aplikasi pengurusan dokumen berbasis elektronik yang
dioperasikan oleh KADIN Indonesia dan terunduh / terpasang di smartphone Pengguna.
3. “Pengguna” atau “Anda” adalah
Pihak yang menggunakan Aplikasi TRADE baik yang terdaftar pada TRADE maupun
tidak terdaftar atau pihak lain yang mengakses situs atau Aplikasi TRADE.
4. “Akun” adalah identifikasi
khusus yang dibuat di TRADE berdasarkan permintaan pendaftaran Pengguna.
5. “Data” adalah segala
infomasi, dan/atau keterangan yang masuk ke dalam aplikasi TRADE dan yang telah
diolah di aplikasi TRADE.
6. “Saldo” adalah keterangan
sejumlah uang yang ada di Akun TRADE
7. “Isi Ulang (Top Up)” adalah kegiatan Pengguna TRADE dalam menambahkan nilai ke dalam
Akun TRADE melalui transfer bank atau secara tunai.
8. “Layanan” adalah program, jasa,
produk, fitur, sistem, fasilitas yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam
Aplikasi atau media lainnya.
9. “Layanan Pengguna (Call Center TRADE)” adalah layanan customer service center untuk Pengguna TRADE yang
dapat dihubungi melalui panggilan telepon, whatsapp dan/atau email [email protected].
10. “Syarat dan Ketentuan” adalah perjanjian antara TRADE dengan Pengguna/Anda yang mencakup
mengenai peraturan terkait hak dan kewajiban, tanggung jawab serta tata cara
penggunaan Aplikasi TRADE berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian,
penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
11. “Transaksi” adalah
segala kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan oleh Pengguna di dalam
atau melalui Aplikasi TRADE, Akun dan/atau Security Code termasuk
penggunaan layanan atau fitur-fitur tertentu dalam Aplikasi TRADE.
12. “Login Fingerprint (One Touch)” adalah suatu metode untuk masuk ke dalam Aplikasi TRADE yang
tersedia hanya untuk Pengguna yang menggunakan smartphone yang
memiliki fitur fingerprint scanner.
13. “Akun” adalah akun TRADE
milik Pengguna.
1. Anda dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi TRADE
setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran dan memiliki Akun pada Aplikasi TRADE
dengan tunduk pada syarat dan ketentuan sebagaimana ditentukan oleh TRADE dari
waktu ke waktu.
2. Sejumlah persyaratan berikut harus dipenuhi agar
dapat mendaftar TRADE:
3. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi sistem
TRADE. Dengan demikian, (calon) Pengguna harus memiliki smartphone dengan
kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh TRADE dan memiliki nomor ponsel
Indonesia yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS yang dikirim oleh TRADE.
4. Sebagai prasyarat, Pengguna wajib memberikan alamat
email aktif miliknya sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima
pesan yang dikirim oleh TRADE. TRADE tidak bertanggung jawab atas keabsahan,
kepemilikan, aktivitas, dan kapasitas alamat email tersebut.
5. Anda menyatakan bahwa segala data dan informasi
yang diberikan oleh Pengguna Aplikasi TRADE adalah benar dan betul. Kami tidak
memiliki kapasitas untuk melakukan verifikasi terhadap data dan informasi
Pengguna. Oleh karenanya, Kami tidak bertanggung jawab atas keaslian,
kebenaran, dan keabsahan atas segala data dan informasi dari Pengguna yang
diberikan kepada Kami.
6. Anda bertanggung jawab penuh atas semua transaksi
yang terjadi pada dan menggunakan Akun Anda.
7. Anda setuju untuk menggunakan Akun Anda sendiri dan
berjanji tidak akan mengizinkan orang lain untuk menggunakan identitas atau
Akun Anda. Anda wajib menjaga kerahasiaan kata sandi Akun Anda dan setiap akses
atau identifikasi yang telah Anda buat atau TRADE berikan kepada Anda. Dalam
hal terdapat pengungkapan atau kebocoran kata sandi, akses, atau identifikasi
Anda yang menyebabkan penggunaan Akun atau identitas Anda oleh pihak ketiga
dalam hal apapun, maka setiap aktivitas atau perintah yang timbul dari Akun
tersebut akan dianggap sah dan tetap menjadi tanggung jawab Anda.
8. Dalam pengunaan login dengan fingerprint di
aplikasi mobile, Pengguna harus mengikuti ketentuan sebagai
berikut:
9. Jika Pengguna ingin melakukan login menggunakan fingerprint,
Pengguna harus mengaktifkan layanan ini di saat awal login pertama setelah
berhasil membuat Akun atau dari daftar pengaturan profil di dalam aplikasi TRADE.
10. Setelah fitur fingerprint diaktifkan,
Pengguna dapat melakukan login dan mengakses akun dengan
menggunakan fingerprint scanner yang terdapat di smartphone Pengguna.
11. TRADE tidak bertanggung jawab atas adanya
penyalahgunaan dari pihak lain yang fingerprint-nya turut terdaftar
dalam smartphone Pengguna.
12. TRADE tidak bertanggung jawab atas segala kerugian
yang dialami Pengguna sehubungan dengan login fingerprint (baik
secara sengaja atau tidak sengaja) atau menggunakan aplikasi TRADE, bahkan jika
TRADE telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk
timbulnya kerugian dari:
13. TRADE tidak akan bertanggung jawab untuk setiap
kerugian atau kerusakan yang timbul dari penggunaan tanpa izin atas kata sandi
Anda atau kegagalan Anda untuk mematuhi ketentuan ini.
14. Dalam hal dipersyaratkan oleh ketentuan hukum yang
berlaku, Kami berhak untuk dari waktu ke waktu meminta Anda untuk mengisi
dan/atau memberikan informasi, data dan/atau dokumen tertentu lainnya
sebagaimana dipersyaratkan kepada Kami.
15. Setelah proses pendaftaran diselesaikan Akun akan
dibuka oleh TRADE. Pada awalnya, Akun tidak memiliki saldo dan harus di isi
ulang oleh Pengguna agar dapat melakukan pembayaran pengurusan dokumen.
16. Dalam hal Akun TRADE Anda telah ditutup sebelumnya
dan Anda bermaksud membuka Akun Anda kembali, maka Anda harus melakukan
pendaftaran Akun terlebih dahulu. Jika permohonan pendaftaran Akun ditolak
setelah proses verifikasi oleh TRADE, Akun tersebut akan ditutup secara
otomatis. Jika terdapat dana dalam Akun, TRADE akan mengembalikan seluruh
jumlah dana yang ada (tanpa ada biaya dan/atau bunga) dengan mentransfer dana
tersebut ke rekening milik Pengguna di rekening yang telah ditentukan oleh
Pengguna. TRADE akan menghubungi Pengguna melalui email dan/atau telepon untuk
memperoleh informasi rekening tersebut (bila belum terdaftarkan).
17. Pengguna setuju untuk melepaskan TRADE dari seluruh
kerugian, tanggung jawab, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya upaya
hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Pengguna, kecuali
Pengguna dapat membuktikan lain dan/atau instruksi tersebut dilakukan karena
kesalahan TRADE.
18. Akun merupakan basis dari segala hubungan Pengguna
dengan TRADE dan jika Akun ditutup, maka layanan yang terkait rekening TRADE
juga akan ditutup.
19. Penutupan akun dapat dilaksanakan oleh Pengguna
dengan menghubungi Layanan Pengguna (Call Center TRADE) atau email ke [email protected].. Ketentuan lebih lanjut terkait Penutupan Akun terdapat pada Poin XII
tentang “Penutupan Akun” di bawah ini.
20. Apabila terjadi perselisihan antara Pengguna dengan
pihak yang ditunjuk atau antara para pihak yang mengaku ahli waris Pengguna
maka TRADE berhak untuk tidak melakukan pembayaran kepada siapapun sampai
adanya penyelesaian antara pihak yang terkait atau sesuai keputusan pengadilan
yang telah berkekuatan tetap. Sehubungan dengan hal tersebut, TRADE berhak
untuk melakukan verifikasi dan meminta dokumen terkait yang diperlukan.
21. Akun TRADE hanya dapat digunakan oleh Pengguna
sendiri dan tidak dapat dipindahtangankan atau dialihkan dalam bentuk apapun
dan dengan cara apapun kepada pihak lain.
22. Pengguna dilarang menciptakan dan/atau menggunakan
perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan
untuk memanipulasi data pada sistem TRADE dalam bentuk apapun dan dalam
kegiatan apapun dalam Aplikasi TRADE.
23. Kecuali secara tegas diperbolehkan berdasarkan
Syarat dan Ketentuan ini, Anda dilarang untuk melakukan hal-hal yang melawan
hukum atau tanpa kewenangan dan/atau tidak sesuai dengan tujuan pemilikan Akun
dan/atau penggunaan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
24. Anda setuju untuk mematuhi setiap persyaratan dan
ketentuan yang mungkin dipersyaratkan oleh instansi yang berwenang termasuk
tetapi tidak terbatas menyetujui bahwa Kami dapat meminta kepada Anda dan memberikan
data dan/atau informasi apapun sebagaimana disyaratkan oleh instansi berwenang
tersebut dan/atau pihak ketiga lainnya.
Anda setuju bahwa informasi dan data pribadi yang Anda berikan kepada
Kami, baik melalui Aplikasi ini, email, telepon, dan bentuk komunikasi lainnya;
dikumpulkan, disimpan, dan diproses sesuai dengan persyaratan Kebijakan
Privasi. Kami berhak memperbarui atau mengubah Kebijakan Privasi kapan saja,
dan mengumumkan versi terbaru di Aplikasi.
1. Aplikasi TRADE tersedia bagi Pengguna untuk
melakukan seluruh layanan pembuatan dokumen CoO. Pengguna akan dibantu oleh
Layanan Pengguna (Call Center TRADE).
2. Layanan Pengguna (Call Center TRADE)
tersedia untuk layanan bantuan Pengguna seperti pengajuan pertanyaan-pertanyaan
terkait penggunaan Aplikasi TRADE atau pengaduan.
1. Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan seluruh
data, informasi dan instruksi yang diberikan pada TRADE telah benar, betul dan
lengkap. TRADE tidak bertanggung jawab atas dampak apapun yang dapat disebabkan
oleh kelalaian, ketidak-lengkapan atau ketidak-jelasan data, informasi dan/atau
instruksi yang diberikan oleh Pengguna.
2. Untuk setiap transaksi dalam Aplikasi TRADE, data
dan/atau instruksi yang diberikan Pengguna akan dianggap benar, betul dan valid
untuk dieksekusi oleh TRADE.
3. Pengguna dengan ini setuju bahwa TRADE berhak untuk
tidak menjalankan instruksi Pengguna meliputi, tetapi tidak terbatas pada
keadaan saldo akun Pengguna tidak mencukupi;
4. Pengguna dengan ini setuju bahwa TRADE berhak untuk
menghentikan sementara layanan melalui Aplikasi TRADE untuk periode tertentu
untuk tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh TRADE,
dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya pada Pengguna dan tanpa kewajiban
untuk bertanggung jawab pada siapapun.
5. Pengguna dengan ini setuju bahwa TRADE memiliki hak
mutlak untuk memperbaharui, memodifikasi, atau mengubah situs web atau
perangkat lunak apapun (termasuk Aplikasi TRADE atau aplikasi lainnya) yang
digunakan untuk mengakses TRADE sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa
memberikan alasan apapun.
6. Pengguna dengan ini setuju bahwa TRADE berhak untuk
tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (mobile app) yang
digunakan. Jika Pengguna gagal untuk memperbaharui perangkat lunak yang relevan
atau menggunakan versi yang disempurnakan, TRADE tidak bertanggung jawab atas
segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
7. TRADE tidak bertanggung-jawab atas Penggunaan
aplikasi TRADE pada perangkat yang tidak didukung oleh aplikasi TRADE, termasuk
namun tidak terbatas pada perangkat yang di-jailbreak atau root.
1. Informasi keamanan berupa Nama Pengguna, Kata
Sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan PIN akan dibutuhkan untuk
login, aktivasi perangkat, dan mengeksekusi setiap transaksi yang menurut TRADE
dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan
ditentukan dan ditetapkan oleh Pengguna, Pengguna harus memastikan untuk
menggunakan Kata Sandi yang kuat dan tidak memasukkan Kata Sandi yang mudah
ditebak serta informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan
informasi tersebut akan dianggap sebagai Kelalaian Pengguna. Pengguna bertanggung
jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh Penggunaan aplikasi TRADE
2. Informasi keamanan akan menjadi rahasia di bawah
tanggung jawab Pengguna, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara
dengan instruksi tertulis yang dibuat, disepakati dan ditandatangani oleh
Pengguna, dan akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Pengguna agar TRADE
melaksanakan transaksi melalui aplikasi mobile.
3. TRADE tidak akan meminta nama pengguna (username),
kata sandi (password) maupun PIN sebagai alat keamanan untuk
login dan bertransaksi milik Akun Pengguna untuk alasan apapun. Oleh karena itu
TRADE menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut kepada pihak
manapun yang mengatasnamakan TRADE atau pihak lain yang tidak dapat dijamin
keamanannya.
4. Pengguna bertanggung jawab atas Akun Pengguna pada
Aplikasi TRADE baik nama pengguna (username), kata sandi (password) maupun
PIN untuk keamanan dari pencurian dan penyalahgunaan data.
5. TRADE akan mengajukan proses verifikasi yang
memenuhi standar TRADE untuk memungkinkan Pengguna melakukan transaksi keuangan
dan/atau non-keuangan.
6. Pengguna menyetujui untuk membebaskan TRADE dari
segala kerugian, tanggung jawab, klaim dan biaya (termasuk biaya hukum) yang
mungkin terjadi dalam kaitannya dengan pelaksanaan instruksi dari TRADE,
kecuali Pengguna dapat membuktikan sebaliknya dan/atau transaksi yang
dijalankan karena kesalahan dari TRADE.
7. Pengguna juga menyetujui untuk membebaskan TRADE
dari segala hal yang terjadi akibat dari penggunaan perangkat lunak diluar
instruksi yang diberikan oleh TRADE untuk dapat mengakses Aplikasi TRADE.
8. Pengguna juga bertanggung jawab atas kinerja dan
keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk
mencegah Penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang
digunakan oleh Pengguna untuk mengakses TRADE.
9. Pengguna harus memastikan bahwa peralatan yang
digunakan untuk mengakses TRADE bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data
yang gagal atau corrupt dan segala virus, bug dan/atau
perangkat lunak yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan
telekomunikasi atau produsen atau vendor dari peralatan yang relevan. Termasuk
memastikan bahwa Pengguna tidak melakukan jailbreak, root atau
memodifikasi perangkat mobile dan/atau peralatan lainnya atau
mengunduh aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat
lebih rentan terhadap virus dan malware.
10. Pengguna menyetujui bahwa TRADE tidak bertanggung
jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi,
virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya
lainnya dari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh
penyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
11. TRADE dibebaskan oleh Pengguna dari segala kerugian
dan dampak hukum yang muncul disebabkan oleh pelanggaran ketentuan penarikan
dana, sehingga membuat Pengguna masuk/terdaftar dalam Daftar Hitam Pengguna
yang biasa disebut Daftar Hitam Nasabah (DHN) yang diterbitkan oleh Bank
Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
12. Dengan melaksanakan transaksi melalui aplikasi TRADE,
Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang
diterima oleh TRADE akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat
dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang
ditandatangani dan dengan demikian, Pengguna setuju untuk mengganti rugi dan
melepaskan TRADE dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran
(termasuk biaya litigasi maupun non-litigasi) yang dapat muncul terkait dengan
eksekusi dari instruksi Pengguna.
Pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam seluruh akun TRADE yang
menjadi dasar bagi TRADE dan menyebabkan perubahan pada saldo akan diberikan
dalam format yang dianggap tepat oleh TRADE.
Kami dapat mengenakan biaya untuk penggunaan layanan pada Aplikasi TRADE.
Informasi terkait biaya serta detail terkait lainnya juga dapat diperoleh
dengan menghubungi Layanan Pengguna (Call Center TRADE) atau dapat ditemukan
dan dipelajari pada situs/website TRADE.
1. Interpretasi dan implementasi Syarat dan Ketentuan
ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
2. Untuk hal-hal yang terkait dengan Syarat dan
Ketentuan serta seluruh konsekuensinya, Pengguna akan memilih tempat kedudukan
hukum (domisili) yang tetap dan seumumnya di kantor kepaniteraan Pengadilan
Negeri Jakarta Pusat dengan tidak mengurangi hak TRADE untuk mengajukan gugatan
hukum atau tuntutan terhadap Pengguna melalui pengadilan lain di Indonesia
sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa setiap data,
deskripsi dan tanda tangan Pengguna pada aplikasi yang digunakan oleh Pengguna,
berbagai dokumen pendukung lain yang terkait dengan aplikasi, serta tiap
instruksi operasional fasilitas Pengguna, serta wewenang yang diberikan oleh
Pengguna pada pihak ketiga (jika ada) dan wewenang yang diberikan pada TRADE
adalah benar, betul, valid dan sah serta mengikat pada seluruh akun Pengguna,
kecuali jika dinyatakan lain. Pengguna diwajibkan untuk segera memberikan
informasi pada TRADE atas tiap perubahan nama, alamat, nomor telepon,
KTP/SIM/KITAS/PASSPORT dan hal lain yang menyimpang/berbeda dari data/deskripsi
yang sebelumnya diberikan oleh Pengguna pada TRADE terkait akun Pengguna.
Kelalaian Pengguna dalam memberitahukan perubahan tersebut pada TRADE
sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
2. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa:
a. TRADE berhak untuk melakukan pengujian terhadap
validitas data yang diberikan oleh Pengguna pada Aplikasi Pembuatan Dokumen CoO
atau aplikasi untuk mengikuti fasilitas/layanan TRADE atau aplikasi serupa dan
berhak untuk meminta data tambahan yang dibutuhkan oleh TRADE.
b. TRADE telah memberikan penjelasan memadai mengenai
karakteristik produk TRADE yang akan digunakan dan Pengguna telah memahami
seluruh konsekuensi dari Penggunaan produk TRADE tersebut, termasuk keuntungan,
risiko, biaya yang ditimbulkan terkait dengan produk.
3. Pengguna dengan ini menyatakan memberikan wewenang
pada TRADE untuk mendebit langsung Saldo/dana dari akun Pengguna untuk
keperluan transaksi.
4. Pengguna dengan ini memberikan persetujuan dan
mengizinkan TRADE dalam memberikan dan/atau mendistribusikan data pribadi
termasuk namun tidak terbatas pada nama, email dan nomor handphone dari
Pengguna kepada induk, afiliasi, dan anak perusahaan, vendor iklan, dan/atau
pihak ketiga lainnya yang bekerjasama dengan TRADE untuk tujuan administrasi,
penawaran produk/layanan keuangan, promosi yang menurut Kami menarik bagi Anda,
dan/atau dalam rangka peningkatan layanan terhadap Pengguna.
5. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa dia memahami
dan sepenuhnya menyadari seluruh risiko yang ditimbulkan dari transaksi, tempat
lain yang ditetapkan oleh TRADE, serta sepenuhnya bertanggung jawab atas
transaksi yang diproses, termasuk jika terjadi penyalahgunaan akun
fasilitas/layanan oleh sebab apapun.
6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna
bersedia dikunjungi dan/atau dihubungi oleh TRADE melalui sarana komunikasi
pribadi Pengguna, untuk menyampaikan informasi (termasuk produk dan/atau
layanan), pada hari kerja 09.00 – 18.00 waktu setempat.
7. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa TRADE
dibebaskan dari tuntutan/gugatan ganti rugi yang muncul akibat kegagalan sistem
dan/atau fasilitas komunikasi yang disebabkan oleh faktor eksternal di luar
kendali TRADE.
8. Pengguna dengan ini menyatakan akan tunduk dan
terikat pada seluruh Syarat dan Ketentuan dalam menggunakan Aplikasi TRADE.
9. Seluruh wewenang yang diberikan oleh Pengguna dalam
Syarat dan Ketentuan tersebut diberikan dengan hak substitusi dan sepanjang
kewajiban Pengguna terhadap TRADE belum sepenuhnya selesai, wewenang tersebut
tidak dapat ditarik dan diakhiri untuk alasan apapun, termasuk tetapi tidak
terbatas pada alasan yang disebutkan pada Pasal 1813 Hukum Perdata karena
wewenang tersebut adalah komponen tak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan
yang ada.
10. Pengguna menyetujui dan mengakui TRADE memiliki
wewenang untuk meningkatkan, mengubah atau melengkapi Syarat dan Ketentuan
tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap perubahan, tambahan atau
pembaruan atas Syarat dan Ketentuan tersebut akan disosialisasikan melalui
email Pengguna atau sarana komunikasi/informasi lainnya dan Pengguna terikat
dengan perubahan dimasa mendatang tersebut.
1. Aplikasi ini dan semua konten, termasuk namun tidak
terbatas pada teks, copy, tema, desain, ilustrasi, foto, karya seni dan segala
konten atau materi lainnya (“Konten”) yang ada di dalam
Aplikasi adalah milik TRADE, pemberi lisensi, atau penyedia konten, dan
dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, hukum Republik Indonesia dan/atau
negara lainnya (apabila berlaku).
2. Kami memberikan kepada Anda, lisensi yang bersifat
terbatas, non eksklusif, tidak dapat dialihkan atau dipindahtangankan, dan
tidak dapat disub-lisensikan untuk mengunduh dan menginstal (install) salinan
dari Aplikasi pada suatu perangkat elektronik atau seluler atau ponsel yang
Anda miliki atau kuasai dan untuk menggunakan salinan Aplikasi tersebut hanya
untuk kepentingan pribadi non-komersial Anda sendiri. Dengan ketentuan bahwa
Anda tidak mengubah atau menghapus hak cipta, merek dagang, atau informasi kepemilikan
Konten tersebut.
3. Kami tidak memberikan hak atau lisensi apapun
kepada Anda, dan penggunaan Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai persetujuan
atau pemberian hak atau lisensi apapun kepada Anda oleh TRADE, dan setiap
bagian dari Aplikasi akan tetap menjadi milik TRADE, kecuali sebagaimana secara
tegas dinyatakan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
4. TRADE, pemberi lisensi, atau penyedia konten tetap
memiliki hak penuh atas Konten yang tersedia di dalam Aplikasi, termasuk hak
kekayaan intelektual, dan memberikan Konten dengan lisensi yang dapat dicabut
kapan saja sesuai kebijakan Kami. Kami melarang keras penyalahgunaan Konten
Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
5. Pengunduhan, penyalinan, atau penggunaan lain dari
Konten atau Aplikasi yang bertujuan untuk bersaing dengan Aplikasi, atau untuk
keuntungan vendor lain, atau pihak ketiga;
6. Semua perubahan, distribusi, penyebaran,
penyelenggaraan, siaran, publikasi, pengunggahan, pemberian lisensi,
manipulasi, transfer atau penjualan, atau penciptaan karya turunan, dari semua
Konten, produk, atau layanan yang diambil dari Aplikasi, yang mana Anda tidak
memiliki hak untuk menggunakannya.
7. Semua unggahan, posting, atau penyebaran segala
materi yang mengandung virus perangkat lunak atau kode komputer, berkas atau
program yang dirancang untuk mengganggu, menghancurkan atau membatasi
penggunaan komputer; penggunaan perangkat keras atau perangkat lunak yang
bertujuan mencegat, atau mengambil informasi (seperti data sistem atau pribadi)
dari situs web, termasuk tapi tidak terbatas pada penggunaan scraping atau
teknik metode pengambilan data, robot spider atau alat yang serupa; atau
8. Setiap tindakan yang menyebabkan atau mungkin
menyebabkan penggunaan dengan beban besar atau tidak beralasan atau tidak
proporsional, atau kerusakan yang mengganggu kinerja infrastruktur Aplikasi
ini.
9. Kami tidak menjamin atau menyatakan bahwa
penggunaan Konten di dalam Aplikasi tidak akan melanggar hak-hak pihak ketiga
yang tidak berafiliasi dengan kami. Penghentian akses atau penggunaan Aplikasi
ini tidak akan mengesampingkan atau memengaruhi hak Kami yang lainnya
berdasarkan hukum yang berlaku.
1. Pengguna akan membebaskan TRADE dari segala
tuntutan, jika TRADE tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik
sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada
di luar kendali atau kemampuan TRADE, meliputi tetapi tidak terbatas pada
bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem
infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan
telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh TRADE
Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
2. Setelah kejadian yang menyebabkan TRADE tidak dapat
melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, TRADE akan melanjutkan kembali
instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari bank
Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
1. Pengguna setuju bahwa TRADE berhak dan berwenang
untuk menutup secara permanen ataupun memblokir, atau membekukan akun dan/atau
layanan/fasilitas TRADE lainnya secara sementara berdasarkan diskresi atas
pertimbangan Kami sepenuhnya, sekaligus membebankan biaya administrasi
penutupan rekening dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul pada TRADE, antara
lain jika:
a. Salah satu rekening yang dimiliki Pengguna diduga
telah disalahgunakan, meliputi tetapi tidak terbatas pada mengakomodasi
dan/atau melakukan tindak kriminal dan/atau telah atau akan terjadi penipuan
yang terkait dengan Rekening dan/atau layanan/fasilitas termasuk yang
menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan pihak lain, dan/atau TRADE.
b. Pengguna memberikan data/informasi yang dianggap
mencurigakan oleh TRADE dan/atau memberikan data/informasi palsu/tidak
valid/tidak lengkap, dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi apapun
yang diminta oleh TRADE sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
Pengguna terkena sanksi screening berdasarkan peraturan yang
berlaku di TRADE dan/ atau sanksi screening pada negara
penerima.
c. Profil data Pengguna identik dengan Daftar Terduga
Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT) dan Daftar Pendanaan Proliferasi Senjata
Pemusnah Massal.
d. Terdapat permintaan tertulis dari instansi
Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi
Keuangan (PPATK), Kantor Pajak, atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan
hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang
belum diselesaikan oleh Pengguna kepada TRADE.
2. Pengguna juga setuju bahwa Akun TRADE Pengguna
dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
3. Pengguna menyetujui bahwa Akun Pengguna akan
ditutup secara otomatis oleh TRADE apabila Pengguna termasuk dalam kategori
sebagai berikut:
Selanjutnya Akun Pengguna hanya dapat ditutup/dicairkan dan saldo yang
tersisa akan dibayarkan kepada pihak yang ditunjuk/pewaris/pengganti hak yang
sah sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku serta persyaratan yang
ditetapkan oleh TRADE. TRADE dengan ini berhak memeriksa kelengkapan serta
keabsahan dokumen yang diserahkan.
4. Kami akan mengembalikan saldo akun TRADE Anda
melalui metode yang Kami tentukan, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang
(jika ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya
penahanan bagian tertentu dari saldo TRADE Anda, misalnya karena keyakinan yang
wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau dihasilkan dari penipuan
dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.
5. Jika saldo tersisa di Akun melebihi Rp 50.000,-
(lima puluh ribu Rupiah) maka pengembalian dana akan dilakukan menggunakan
metode pindah buku ke rekening Anda. Saldo akan diterima selambat-lambatnya 14
hari kerja terhitung dari tanggal penutupan akun.
6. Pengguna setuju bahwa biaya-biaya yang timbul dari
penutupan akun akan dibebankan kepada Anda dengan mengurangi saldo tersisa.
7. Permintaan penutupan Akun oleh Pengguna dapat
dilakukan dengan mendatangi kantor KADIN Indonesia. Apabila Pengguna
berhalangan untuk datang ke kantor KADIN Indonesia, penutupan akun dapat
diwakilkan dengan membawa surat kuasa penutupan akun yang ditanda-tangani
Pengguna TRADE.
8. Jika saldo tersisa kurang dari Rp.50.000,- (lima
puluh ribu Rupiah) maka pengembalian dana akan dilakukan dengan pemberian uang
tunai dengan dikurangi biaya-biaya yang berlaku jika ada.
9. Segala syarat dan ketentuan yang telah disetujui
oleh kedua belah pihak tidak dapat diganggu gugat di kemudian hari.
10. Akun TRADE Anda akan diakhiri secara otomatis atau
ditutup ketika Anda menutup akun TRADE Anda.
1. Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif terhitung
sejak Anda mengakses Aplikasi dan berlaku terus menerus setiap saat Anda
mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi secara aktif maupun pasif. Syarat dan
Ketentuan ini (bersama-sama dengan Kebijakan Privasi) berlaku sebagai
perjanjian yang sah dan diberlakukan secara elektronik sesuai dengan hukum dan
peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengikat Para Pihak. Jika
dipersyaratkan lebih lanjut oleh hukum, peraturan perundang-undangan yang
berlaku dan/atau kebijakan otoritas pemerintah, Para Pihak sepakat akan
menggunakan metode tanda tangan elektronik yang dipersyaratkan dan segala biaya
yang timbul dari padanya akan ditanggung bersama oleh Para Pihak.
2. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan
diperbarui sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Kami
menyarankan agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan
Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan
tetap mengakses dan menggunakan Aplikasi, maka Anda dianggap menyetujui
perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.
3. Dalam hal satu atau lebih ketentuan dalam Syarat
dan Ketentuan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat
dilaksanakan menurut hukum yang berlaku, maka ketidak-berlakuan, ketidak-sahan
atau kondisi tidak dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut tidak akan
berdampak apapun terhadap keberlakuan, keabsahan, dan dapat dilaksanakannya
ketentuan-ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini.
4. Anda tidak dapat mengalihkan sebagian atau seluruh
hak dan/atau kewajiban Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. TRADE berhak
mengalihkan sebagian maupun seluruh haknya dan/atau kewajibannya kepada pihak
lainnya, sebagaimana akan diberitahukan kepada Anda melalui perubahan Syarat
dan Ketentuan. Pengalihan tersebut tidak menghapus hak dan kewajiban yang telah
ada antara Para Pihak yang bersangkutan sebelum tanggal pengalihan.
1. Anda dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan
atau pertanyaan terkait dengan Aplikasi kepada Kami pada setiap Hari Kerja
pukul 08.00-16:30 WIB melalui alamat surat elektronik: [email protected]. dan/atau melalui nomor telepon: 021-5274484.
2. Untuk menanggapi atau merespon saran, permintaan,
keluhan atau pertanyaan Anda, Kami akan melakukan verifikasi atas informasi
atau data Anda.
3. Kami berhak untuk menolak, memproses atau merespon
saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dalam hal informasi atau data
Anda tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera di sistem Kami.